Goa Lalay, antara Keindahan dan Mitos yang Berkembang di Masyarakat

Tentang Goa Lalay

Goa Lalay – By pecintawisata

Goa Lalay berlokasi di Kampung Cipanas, masih di Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Lebak, Banten. Saya sarankan Goa ini untuk anda yang ingin merasakan sebuah sensasi berbeda ketika berlibur, Menelusuri Goa lalay bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nama dan Sejarah dari Goa Lalay sendiri belum banyak yang mengetahui. Tapi tentunya Goa ini terbentuk sejak jaman dahulu kala. Jika dilihat dari nama Goa Lalay yang diambil dari Bahasa Sunda yang berarti Goa Kelelawar. Ada pula mitos yang berkembang di masyarakat tentang Goa yang satu ini, nanti akan saya bahas dibawah.

Saya sarankan anda untuk menggunakan jasa penunjuk arah atau guide. Sebab, goa itu sangat dalam dan dikhawatirkan wisatawan akan sedikit kesulitan. Di dalam terdapat danau kecil, airnya sejuk. Wisatawan yang berkunjung biasanya akan meraskan pengap di perjalanan namun akan terasa sejuk jika sudah sampai di dalam.

Goa Lalay – By bumilangittravel

Kedalaman Goa ini mencapai 2 km, untuk tamu jarak aman hanya diperbolehkan sekitar 400 m. Ketika pertama kali melangkah masuk anda akan dimanjakan dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang telah terbentuk selama puluhan hingga ratusan tahun lalu .Goa Lalay ini tidak sepopuler wisata lain yang ada disawarna, dari sekian banyak tempat wisata mungkin Goa ini yang paling tersembunyi dan tidak diketahui banyak orang. Hal itu bisa dilihat dari jarangnya wisatawan yang datang ke kawasan ini.

Berbicara mengenai keindahan dari goanya sendiri, hal ini tidak usah dipertanyakan lagi, batuan yang ada di dalam goa begitu sangat menakjubkan. Yang menjadi masalah utama menuju Goa Indah ini yaitu aksesnya yang kurang memadai dan tidak jarang pula anda akan menemukan lintasan yang terjal, jadi anda perlu berjuang sedikit keras untuk sampai ke Goa Lalay.

Karena belum terlalu banyak fasilitas yang tersedia di lokasi tersebut, saya sarankan Anda membawa bekal makanan, minuman serta kotak P3K untuk mencegah cedera ringan di Perjalanan.

Mitos Goa Lalay

Banyak Wisata di Indonesia yang dibumbui dengan cerita mistis serta mitos yang berkembang di masyarakat. Contohnya seperti Nyi Roro kidul di Pantai Pelabuhan Ratu, Pohon Jodoh di kebun raya Bogor dan masih banyak yang lainnya.

Wisata Sawarna pun mempunyai beberapa tempat yang mempunya mitos tersendiri salah satunya Goa Lalay. Di balik keindahan dan keasriannya, tempat ini ternyata menyimpan kisah mistis.

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat desa, sebelum Sawarna dan Goa Lalay ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, goa itu ada penghuninya. Diriwayatkan dulu didalam Goa Lalay itu ada Belut sebesar tumbukan padi,orang sunda biasa menyebut tumbukan padi dengan kata Lisung, tapi belut itu tidak pernah mengganggu. Karena mungkin tugasnya hanya sekedar menjaga Goa ini dari tangan-tangan jahil yang merusak.

Ilustrasi belut raksasa penunggu goa lalay sawarna – By bantensite

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat desa, belut mistis biasanya keluar pada saat menjelang malam hari. Tapi tak seluruh tubuhnya keluar dari goa, hanya kepalanya saja yang muncul. Meski menyimpan cerita mistis namun tak ada pantangan tertentu bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Masalah percaya atau tidaknya tentang cerita ini kembali lagi ke pribadi masing-masing karena memang masih mitos dan benar tidaknya mungkin hanya Tuhan yang tahu.

Peta Menuju Wisata Goa Langir

Itulah kiranya sedikit ulasan dari Saya, jika isinya ada yang tidak dimengerti atau banyak kesalahan kata mohon dimaklum. Karena penulis masih dalam proses belajar. Kritik dan saran silahkan pembaca kirim ke E-mail atau akun media sosial saya, Terima kasih.

 

Hanya seorang Pengangguran Noob yang berjuang menjadi Expert.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *