Wisata Tanjung Layar Sawarna

Tentang Tanjung Layar

Tanjung Layar
Tanjung Layar – marthasuherman.com

Tanjung layar merupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Sesuai  dengan namanya Tanjung layar, Objek wisata ini terdiri dari daratan yang menjorok ke Samudera Hindia. Selain itu berdiri tegak dua buah karang yang menyerupai bentuk layar sebuah kapal yang menjadi daya tarik tersendiri serta membedakan tanjung layar ini dengan objek wisata pantai pada umumnya.

Jika anda berjalan dari penginapan butuh waktu tempuh sekitar 20 menit atau 8 menit dengan menyewa ojek setempat . Pengelola wisata bukan tidak ingin membuat akses untuk mobil masuk, hanya saja kepala desa setempat lebih mengutamakan keorisinilan wisata dan jembatan gantung yang sudah ada sejak dulu.

Jembatan menuju tanjung layar
Jembatan menuju tanjung layar – By acaktulisan

Pengunjung tidak perlu risau dengan akses jalannya karena sekarang sudah dibangun paving, dalam perjalanan saya yakin anda tidak akan bosan karena disuguhi pemandangan sekitar yang indah dan masih natural. Di ujung jalan setapak ini, anda akan disambut dengan pantai landai dengan ombak yang tidak terlalu besar serta banyak berdiri warung berbahankan bilik bambu dan atap yang terbuat dari daun kelapa.

Icon Tanjung Layar
Icon Tanjung Layar – Source Wikipedia

Aktivitas yang bisa Pengunjung lakukan untuk menikmati Keindahan Tanjung Layar

Kalau anda sedang beruntung saat air laut surut, anda bisa mendekat ke batu karang. Berjalan mengelilingi karang yang berbentuk Layar untuk sekedar hunting foto atau berendam di kolam kolam yang terbentuk secara alami. Setelah aktivitas yang anda lakukan selesai anda bisa bersantai di Gazebo atau warung-warung untuk melepas penat seperti makan-makanan seafood atau minum secangkir es kelapa yang menyegarkan. Bagaimana, kedengarannya sangat menyenangkan bukan ?

Tanjung layar ketika air laut surut
Karang Tanjung Layar By DetikTravel

Hal yang paling ditunggu di Tanjung layar adalah ketika hari mulai menjelang senja, jika langit sedang cerah maka pengunjung dapat melihat keindahan sunset tenggelam dekat dua batu karang ini. Anda juga disuguhi pemandangan siluet batu dengan latar belakang langit jingga ditambah banyak kawanan burung atau kelelawar yang tidak sengaja melintas.

Sunset di Tanjung Layar
Sunset di Tanjung Layar By jejakandromeda

Menjelang malampun tidak kalah indah, karena daerah yang masih asri anda akan melihat hamparan bintang dilangit serta sayup suara deburan ombak yang menambah indah suasana liburan anda. Saya menyarankan jika malam tiba anda berkumpul bersama teman atau keluarga untuk membuat api unggun sambil bakar-bakar atau sekedar bernyanyi.

Photo Pantai Tanjung Layar
Photo Pantai Tanjung Layar By Kahfi Irawan

Pada pagi hari ketika fajar mulai menampakkan diri, anda akan disuguhi sunrise dengan latar belakang hamparan sawah. Karena kebanyakan penginapan di daerah sawarna sangat dekat dengan area persawahan yang membuat pagi hari anda tenang sambil menikmati secangkir kopi atau teh. Saya jamin berwisata disini tidak akan membuat anda kecewa dan sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati long weekend atau honeymoon bersama pasangan terkasih.

Sunrise Tanjung Layar
Sunrise Tanjung Layar – Travelo

Berikut Peta beberapa wisata yang ada di  Sawarna termasuk Tanjung layar

Peta Wisata Sawarna
Peta Wisata Sawarna

Mitos dan sejarah Pantai Tanjung Layar

Jika kita lihat dari kejauhan, karang di pantai ini seperti 2 buah layar perahu atau kapal yang membentang siap mengarungi samudera, karang yang hampir terlihat kembar ini sama sama menghadap ke arah selatan dan barat, layaknya orang memandang lautan dan matahari yang tenggelam diufuk barat.

Pantai tanjung layar juga diceritakan dalam babad sunda serta legenda dongeng pesisir selatan, menurut cerita para terdahulu sesepuh banten pakidulan atau biasa kita sebut banten selatan.

Pada jaman dahulu kala, karang dua ini adalah jelmaan dari 2 buah kekuatan yang akan dijadikan layar kapal tokoh legenda rakyat sangkuriang untuk berlayar mengarungi samudera hindia setelah melangsungkan pernikahannya dengan dayang sumbi (ibunya sendiri).

Namun Tuhan murka dan tidak mengijinkan kehendak sangkuriang, maka diamuklah semua peralatan kapal termasuk layarnya. Konon menurut cerita kapal itupun ditendang kesebelah bagian utara dan berubahlah menjadi gunung besar atau sekarang disebut tangkuban perahu, dan layar-layar yang besar dilempar kebagian selatan pulau jawa dan berubahlah menjadi karang yang kokoh dan tegar dipantai selatan yang sekarang kita sebut Tanjung Layar, tepatnya diwilayah provinsi banten, tepatnya desa sawarna, kecamatan bayah.

Menurut tokoh desa sawarna aki Kundie dan Ki yani, biasanya pada bulan mulud dimalam jum’at kliwon selalu mengadakan ritual dan pemanggilan penjaga pantai selatan dan pantai tanjung layar, diibaratkan 2 karang tanjung layar itu adalah 2 buah gunungan emas yang mengkilap dan bercahaya yang diatasnya ada seekor naga yang menjaganya. Dan disebelah barat kearah laut sekitar 10 meter dari karang tanjung layar ada sebuah batu permata emas yang sangat mengkilap dan bercahaya dengan berbagai warna yang memancar dari batunya, letak permata ini ada didalam karang. Jika terjadi penampakan atau muncul kepermukaan, maka akan ada cahaya yang keluar dari dasar laut sekitar dengan cahaya yang sangat terang dan mengkilap.

jika kita perhatikan atau kita photo dari atas dengan menggunakan drone, maka karang tanjung layar dilindungi oleh karang genteng dalam bahasa sunda atau karang yang membentang dari timur kebarat, menghadang dan menghalang pantai karang tanjung layar dari amukan dan terpaan ombak ganas samudera hindia yang besar, ada 2 jajar karang yang membentang menghadang karang tanjung layar ini.

Untuk para wisatawan atau pengunjung yang datang kepantai tanjung layar pantai sawarna yang tidak mengindahkan larangan dari penjaga pantai atau warga setempat,sering naik ke karang genteng untuk sekedar berphoto atau selfie, padahal hal ini sangat dilarang dan berbahaya untuk keselamatan jiwa dan raga mereka, namun sayang tidak didengar dan diindahkan, dan tidak sedikit yang jatuh dan terluka parah dihantam ombak, bahkan ada juga yang terseret oleh ombak besar.

Pantai tanjung layar seperti 2 buah istana yang dijaga dan didampingi oleh pengawalnya, pantai tanjung layar ini juga terlarang bagi orang jinah atau melakukan hubungan badan disekitar ini, jika hal-hal negatif dilakukan diarea ini, maka karang akan runtuh dan belah, dan hal ini sudah terjadi berkali-kali, karang tanjung layar sekarang tidak seutuh seperti 8 tahun yang lalu. Disebelah timur karang ini ada lingkaran cekungan karang yang berbentuk tapak kaki atau kami warga setempat menyebutnya tapak sikabayan.

Cerita dongeng tentang Tanjung layar ini masih berbentuk mitos dan hanya dipercayai beberapa orang saja. Kita sebagai umat manusia harusnya hanya percaya pada Tuhan dan tentang benar atau tidaknya hanya Tuhan yang tahu. Wallahu alam bisahwab.
( Referensi cerita : pariwisata sawarna )

Berikut beberapa review turis yang pernah mengunjungi tanjung layar

M. Rizal Ridhal Malik

When Two Rock Shape like a Sailing Cape , local here call it “Tanjung Layar”. Nice place to take photo here.

Brigitta Natasha

This place has an absolutely gorgeous beach, recommended for the “peace seeker”?totally recommended?

Auditya Geomatics

Nice place for long weekend

muhamad agustian

Pasirnya bersih, ada karang nya jg.. Lumayan keren.. Tapi sayang perjalanan menuju k sananya.. Butuh perjuangan

kusnadi kusnadi

Pantai unik dengan pemandangan 2 buah batu besar yang menyerupai layar perahu. Pantainya landai dengan area karangnya lebih banyak, ketika air surut bisa nyebrang ke 2 batu karang tersebut.

Itulah kiranya sedikit ulasan dari Saya, jika isinya ada yang tidak dimengerti atau banyak kesalahan kata mohon dimaklum. Karena penulis masih dalam proses belajar. Kritik dan saran silahkan pembaca kirim ke E-mail atau akun media sosial saya, Terima kasih.

 

Hanya seorang Pengangguran Noob yang berjuang menjadi Expert.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *