Wisata Pantai Legon Pari, Karang Taraje, dan Karang Beureum

Legon Pari

Pantai Legon Pari – Source Flickr

Pantai Legon Pari terletak di bagian barat Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak,Banten. Dengan waktu tempuh 45 menit jika berjalan kaki. Namun ada alternatif jika anda yang ingin berhemat tenaga dan waktu bisa memakai jasa ojek lokal mungkin kurang lebih sekitar 20 menit.

Legon Pari merupakan asal kata dari Ngelagon ( Lagoon/Laguna ) atau menjorok ke darat atau teluk dalam bahasa Sunda. Sedangkan pari merupakan jenis ikan yang dahulu banyak sekali di temukan di pantai ini, kurang lebih definisinya seperti itu.

Legon Pari – By Ophiziadah

Anda akan butuh perjuangan lebih untuk sampai ke Legon pari karena letaknya dibalik perbukitan serta akses yang belum memadai, tapi saya yakin rasa lelah anda akan hilang setelah sampai di tempat tujuan. Anda akan disajikan pemandangan khas perbukitan, pematang sawah serta jembatan gantung yang akan menambah pengalaman traveling khususnya pengunjung yang pecinta alam.

Tiba di Pantai Legon pari, Anda akan disambut dengan pemandangan pasir putih dan bersih serta pantai yang masih alami jauh dari keramaian. Tekstur Pasir yang lembut dan halus hampir sama dengan Pantai pasir putih namun pemandangan di Legon pari sedikit lebih eksotis.

Pantai Legon Pari memiliki garis pantai yang cukup luas, mungkin kurang lebih sekita 4-5 km. Uniknya bila dilihat dari kejauhan, garis di Pantai Legon Pari ini melengkung dan sangat pas untuk diabadikan dalam kamera. Dan tentunya tekstur pasir yang bewarna putih menambah daya pikat dan kecantikan pesona Pantai Legon Pari.

Pantai di Legon Pari memiliki Ombak yang cukup besar namun masih aman untuk berenang dan bermain pasir di garis pantai. Ketika cuaca sedang baik, gulungan ombak menjadi relatif kecil dan tenang layaknya danau.

Karang Taraje

Jika anda berkunjung ke legon pari, saya rekomendasikan untuk sedikit berjalan ke pesisir pantai sebelah Timur. Karena menurut saya disanalah anda akan menemukan spot yang paling Indah untuk berfoto, yaitu Karang Taraje. Karang yang lebar mirip Grand canyon akan membuat anda takjub dan jika anda beruntung ombaknya agak besar maka anda akan disajikan pemandangan ombak yang menghempas melewati karang lalu mengalir kebawah seperti air terjun.

Karang taraje tampak atas karang – By TripAdvisor

Tidak sampai disitu, Ketika naik ke karang taraje maka pengunjung akan melihat hamparan karang di sebelah kiri dan aliran air menyerupai sungai yang terbentuk dari ombak yang menghempas ke karang. Diatas karang, pengunjung dilarang untuk berfoto di pinggiran karang yang menghadap ke lautan karena ombak di Karang ini tidak menentu dan dapat mengakibatkan pengunjung terhempas ataupun terbawa ombak jika terlalu dekat.

Related image
Karang Taraje : By aldiansilalahi

Hamparan karang menggantikan pasir yang biasa menutupi pantai. Namun, lantai karang Pantai Karang Taraje pasti tidak akan membuat pengunjung kecewa. Hamparan karang dengan tebing-tebing penahan ombak membuat pengalaman berwisata pantai Anda terasa berbeda. LantaiĀ karang berwarna kecokelatan akan menjadi arean bermain asyik. BermainĀ air laut di genangan.

Karang Beureum

Karang beureum – By ArsitekTour

Jika pengunjung ingin berkunjung ke Karang beureum, sesampainya di Legon pari kita harus berjalan ke arah yang berlawanan dengan arah ke karang taraje yaitu ke arah barat. Pantai ini sebenernya mirip dengan Karang Taraje, namun tidak sebesar Karang Taraje. Karena di tengah lautnya ada barisan karang yang memecah ombak, otomatis ombak disini terbilang relatif kecil . Karena barisan karang ini pulalah, Anda juga bisa melihat air terjun juga di Pantai ini.

Peta Menuju Legon Pari, Karang Taraje dan Karang Beureum

Itulah kiranya sedikit ulasan dari Saya, jika isinya ada yang tidak dimengerti atau banyak kesalahan kata mohon dimaklum. Karena penulis masih dalam proses belajar. Kritik dan saran silahkan pembaca kirim ke E-mail atau akun media sosial saya, Terima kasih.

Hanya seorang Pengangguran Noob yang berjuang menjadi Expert.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *